Identitas Program Studi Bimbingan Konseling Islam

Perguruan tinggi

Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS)

Fakultas

Dakwah

Prodi

Bimbingan Konseling Islam

Akreditasi Terakhir

Minimum Ter akreditasi

Gelar Akademik

S.Sos

Kode Program Studi Dalam PDPT

BKI

Program Studi yang Relevan

Bimbingan Konseling

Tanggal Program Spesikasi          

Juli 2017

Ketentuan Masuk

a.       Lulus dari satuan pendidikan SMA / MA / SMK / MAK / Diniyah Ulya (Mu’adalah) / pendidikan kesetaraan paket C. Lulusan harus memiliki ijazah satuan pendidikan yang diakui dan lulus tahun berjalan sekurang-tinggi telah memiliki Surat Keterang Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah / Madrasah yang menyediakan pasfoto terbaru yang dibutuhkan  dan dibubuhi cap sekolah / madrasah.

b.      Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak memungkinkan proses pembelajaran kelancaran di Perguruan Tinggi Agama Islam. 

c.       Tidak buta warna bagi program studi tertentu

 


 

Latar Belakang dan Sejarah Perkembangan Program Studi BKI

Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam merupakan program studi yang ada di bawah naungan Fakultas Dakwah, yang mana saat itu fakultas dakwah  merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin sebagaimana SK Menteri Agama No. 43 Tahun 1960. Namun dengan seiringnya waktu kurang lebih Sembilan tahun barulah jurusan dakwah memisahkan diri untuk berdiri sendiri menjadi fakultas dakwah sebagaikamana dikeluarkannya Instruksi Menteri Agama No. 11 Tahun 1969. Pada pasal 7 dinyatakan bahwa Jurusan Dakwah pada Fakultas Ushuludin dihilangkan dan sebagai gantinya didirikan Fakultas Dakwah dengan ketentuan bisa membuka sebanyak-banyaknya dua jurusan di tingkat doktoral. Kemudian ditegaskan melalui Keputusan Menteri Agama No. 118 Tahun 1969 Bagian III Pasal 6 ayat 1, disahkanlah pendirian Fakultas Dakwah.

Di masa pertamanya fakultas dakwah membuka dua jurusan sekaligus yaitu Jurusan Al-Tabligh Wa-Al-Nashr (Tabligh dan Penyiaran) atau saat ini KPI (Komunikasi Penyiaran ISlam), Sedangkan jurusan kedua yatu Jurusan Al-Milal Wa Al-Nihal (Agama-agama dan aliran-aliran Kepercayaan) atau sekarang ini BKI (Bimbingan dan Konseling Islam). Akan tetapi selang empat tahun kedua jruusan tersebut diganti menjadi jurusan Retorika dan Jurnalistik. Kemudia di tahun yang sama mengalami perubahan kembali yaitu menjadi satu jurusan yaitu Jurusan Dakwah.

Tepatnya pada tahun 1976 sebagaimana hasil hasil Lokakarya Kurikulum IAIN di Jakarta, diputuskannya dua jurusan yang dapat dikembangkan di fakultas dakwah yaitu Bimbingan dan Penyuluhan serta Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Perubahan ini cukup lama yaitu tahun 1976-1983 (17 tahun), kemudian pada 1983 diubah kembali menjadi Bimbingan dan Penyuluhan Masyarakat (BPM) dimaksudkan sebagai kepanjangan fungsi islahu ahwalil muslimin dengan pendekatan yang lebih bersifat personal dan persuasif individual. Kemudian di tahun 1988 jurusan ini diubah kembali menjadi BPAI (Bimbingan Penyuluhan Agama Islam) dengan visi: mengupayakan perbaikan atau peningkatan kualitas segala segi kehidupan kaum muslimin dengan tujuan mempersiapkan tenaga guidance dan konselor di bidang agama Islam.

Jurusan BPAI dalam perkembagnannya cukup lama yaitu 11 tahun, yang mana pada tahun 1999 pasca reformasi Republuk Indonesia, berubah lagi namanya menjadi jurusan Bimbigan dan Penyuluhan Islam (BPI), berdasarkan SK Dirjen Binbaga Islam No. E/51/1999 tanggal 25 Maret 1999. Kemudian BPAI merubah lagi menjadi BPI, hal ini sebagai bentuk responship atas perubahan jaman. Selanjutnya pada tahun 2009 berubah lagi menjadi BKI (Bimbingan dan Konseling Islam) seabgaimana Peraturan Menteri Agama RI No. 36 Th. 2009 tentang Penetapan Pembidangan Ilmu dan Gelar Akademik di lingkungan PTAI (Perguruan Tinggi Agama Islam). Berbagai perubahan diatas merupakan bagian dari merespon kebutuhan masyarakat dan stakeholder serta dunia kerja, yang mana jurusan BKI konsentrasinya memiliki dua yaitu jurusan kemasyarakatan dan jurusan pendidikan.

Kemudian pada tahun 2017 Prodi Bimbingan dan Konseling Islam kembali di buka di Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS) bedasarkan SK Izin Operasional 1147 Tahun 2017, yang mana nantinya lulusannya mendapatkan gelar S.Sos. Sebagai perwujudan perubahan dan menunjang kebutuhan pengaplikasian mahasiswa dalam mengembangkan karir prodi Bimbingan dan Konseling Islam IAIS juga memiliki Lab Konseling dengan nama Klinik Konseling, selain itu bekerja sama dengan berbagai lembaga, salah satunya lembaga pendidikan guan untuk mengembangkan bakat dan minat para mahasiswa.


Lulusan Dan Capaian Pembelajaran Program BKI

  • Profil Lulusan
  • Pegawai Negeri Sipil
  • Penyuluh Keagamaan dan Kemasyarakatan
  • Pembimbing Kerohanian
  • Konselor
  • Trainer Motivator