Identitas Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Sukabumi
Fakultas Dakwah
Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Akreditasi
Gelar Akreditasi Sarjana Sosial (S.Sos)
Strata Strata Satu (S-1)
Kode Program Studi dalam PDPT KPI
Tahun Berdiri 2017
Syarat Masuk ·         Lulus dari satuan pendidikan tingkat atas : SMA/SMK/MA/MAK/D’U/Paket C/ dan setara dengan satuan pendidikan tersebut

·         Lulusan harus sudah memiliki Ijazah setingkat SLTA, sekurang – kurangnya mempunyai Surat Keterangan Lulus dari lembaga yang diampuh dan ditanda tangan oleh kepala lembaga tersebut

·         Memiliki motivasi dan ekspetasi berlajar yang sangat tinggi

·         Syarat dan ketentuan di sesuaikan dengan kebutuhan persyaratan administrasi prodi dan perguruan tinggi


Latar belakang dan sejarah perkembangan Progam Studi KPI

Komunikasi Penyiaran Islam merupakan jurusan yang ada sejak abad ke-20, tepatnya sejak tahun 1968, cikal bakal Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam sudah mulai dirintis. Sejak itu, satu persatu perguruan tinggi Islam di Indonesia membuka program studi ini. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) merupakan salah satu program studi yang ada di lingkungan fakultas Dakwah Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS), Prodi KPI mulai berdiri pada bulan juli 2017 bedasarkan SK Izin Operasional 1147 Tahun 2017 . Lulusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Sukabumi, akan mendapatkan gelar S.Sos.

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Sukabumi (KPI IAIS) berkiblat pada Program Studi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Oleh karena itu, jurusan KPI memusatkan kajiannya pada tiga bidang, yaitu Khithabah (Tabligh, dan dakwah), Kitabah (tulis menulis), dan Broadcasting (Penyiaran). Namun, selain memusatkan kajiannya pada tiga ranah itu, KPI juga memusatkan kajiannya pada Dakwah bi ahsan al-qaul berupa tabligh pendekatan wahyu (istinbath), interdisipliner (iqtibas), dan kajian sosial (istiqra’). Tiga ranah tersebut berfungsi untuk menampung minat serta bakat dari Mahasiswa KPI yang beragam.

Untuk menunjang tiga ranah di atas, saat ini terdapat beberapa komunitas dalam jurusan KPI, seperti: Komunitas Da’i (KD) yang mewadahi mahasiswa dengan minat ceramah, pidato dan retorika. Komunitas Penulis KPI (KPK) yang mewadahi Mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam menulis (Creative Writing Club) seperti berita, artikel, buku, novel, cerpen, dan karya sastra lain bernuansa dakwah. Dan KPI Crew atau komunitas I’lam (penyiaran, Broadcasting Club), merupakan komunitas yang mewadahi mahasiswa yang berminat memperdalam spesialisasi bidang broadcasting (penyiaran) baik televisi maupun teknologi dan media lainnya, termasuk teknologi dakwah melalui media internet. Dan sarana laboratorium radio Darussyifa 88.3 FM disiapkan untuk menunjang praktek siaran radio mahasiswa KPI.


Lulusan Dan Capaian Pembelajaran Program KPI

Profil Lulusan

  • Profil Utama Lulusan Program Studi KPI

Profil utama lulusan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam lulusannya diproyeksikan sebagai praktisi Komunikasi dan Penyiaran Islam, peneliti dan pengembang, dan advokasi kebijakan media yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas Komunikasi dan Penyiaran Islam berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

  • Profil Tambahan Lulusan        

Selain itu, lulusan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam juga diproyeksikan sebagai mubaligh dengan sarana mimbar pada kantor-kantor swasta dan pemerintah. Mubaligh berbagai peristiwa PHBI, upacara syukuran, walimahan, juru penerang Agama Islam pada Departemen Agama, mubaligh dengan sarana media cetak harian umum, majalah dan buku, mubaligh dengan sarana media radio, internet, audio visual televisi, film swasta dan pemerintah. Adapun profil tambahan lulusan lainnya adalah menjadi praktisi media massa seperti Jurnalis, Sineas, Penyiar, Scriptwriter, Publik Speaker, Editor, Fotografer, dan lain-lain.